Lapas Kelas IIB Tondano Terima Kunker Staf Ahli Menkumham RI

pewartasulut.com / Baim

TONDANO,

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tondano menerima kunjungan kerja (Kerja) Staf Ahli Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI Bidang Sosial, Kosmas Harefa, di Tondano, Kamis (11/07/24).

Kunker tersebut diterima langsung oleh Kaepala Lapas Yulius Paath dan jajaran petugas lapas.

Kehadiran Staf Ahli Kemenkumham ini bertujuan untuk melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan pengelolaan Lembaga Pemasyarakatan.

“Penting sekali kita memastikan bahwa program pembinaan atau masyarakat ada, itu dilaksanakan dengan baik apalagi saat ini isu-isu mengenai penerapan hak asasi manusia dalam pengelolaan pemasyarakatan juga penting harus kita kedepankan nah saya pikir dari hasil pemantauan saya tadi kita melihat bersama-sama keberadaan lembaga pemasyarakatan ini,” kata Harefa.

Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tondano tentunya lanjut dia,masih banyak yang perlu dibenahi, kita lakukan dengan kondisi saat ini, berupaya dengan kemampuan anggaran yang terbatas kita mencoba melakukan perbaikan di beberapa sisi.

Sementara itu, menyangkut upaya peningkatan desa sadar hukum , pihaknya berharap Kepala Desa bisa menjadi juru damai ketika terjadi persoalan ditengah masyarakat, dan tidak semua persoalan dilapor ke polisi.

“Lembaga Pemasyarakatan tidak menjadi penuh, tetapi juga kita tidak bisa menghindar dari tanggung jawab konstitusi, menjaga serta memelihara orang yang sedang menjalani hukuman,” tandasnya.

Kunjungan Staf Ahli Menkumham RI, di Lapas Tondano turut didampingi (Plh) Kakanwil Kemenkumham Sulut yang juga sebagai kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Aris Munandar, dan Kepala Divisi Administrasi John Batara Manikalli, serta Kepala Divisi Imigrasi, Samsul Efendi Sitorus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *