Sukseskan Pilkada 2024, KPU Minahasa Gandeng Partisipatif Sejumlah Tokoh

Anggota KPU Minahasa Arief Kurniawan Saat Melakukan Tatap Muka Bersama Sejumlah Tokoh. Foto : Baim / pewartasulut.com

Imanuel Kaloh / pewartasulut.com

TONDANO,

Suksesnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 tak lepas dari peran Partisipatif para tokoh Agama, Masyarakat, serta tokoh Pemuda.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa kemudian menyosialisasikan berbagai tahapan maupun soal Pilkada dalam diskusi dan materi melalui tatap muka di Aula Kantor KPU Minahasa, Rabu (17/07/24).

“Peran mereka sangatlah penting, mereka merupakan bagian dalam partisipatif guna menyukseskan Pilkada. Mereka tentunya dapat menjangkau minimal keluarga tetangga bahkan semua koleganya. Jadi sangat baik untuk diberikan materi informasi kepemiluan,” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Minahasa, Arif Kurniawan.

Menurutnya, dengan Sosialisasikan terkait sekmentasi khusus para tokoh- tokoh tersebut, tentu nya akan member dampak positif terkait semua informasi baik tahapan sampai penyelenggaraan Pilkada sampai tugas para penyelenggara.

Kemudian lanjut Arief, semua warga yang mempunyai hak pilih harus paham dan mengerti akan jalannya proses demokrasi.

“Sesuai amanat undang-undang serta PKPU no 9 tahun 2022, semua lini atau masyarakat dapat menjangkau informasi dalam menyaurkan hak suaranya nanti,” terangnya.

Ia juga menekankan perlunya sinergitas dan kolaborasi semua pihak untuk menyukseskan pemilu. Termasuk keterlibatan para tokoh dalam upaya edukasi pemilih.

“Kita meyakini bahwa tokoh agama merupakan sosok yang disegani dan dihormati, sehingga apa yang disampaikan lebih mudah diterima oleh masyarakat,” tandasnya.

Dalam Sosialisasi ini menghadirkan narasumber Ketua Badan Pengawas Pemilun (Bawaslu) Minahasa Lord Malonda, serta salah satu mantan Anggota KPU Provinsi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *