Perkenalkan Kearifan Lokal, SDN 4 Tondano Sambut Study Siswa SIS-PIK Jakarta

Imanuel Kaloh / pewartasulut.com

TONDANO,

Senang dan bangga menyelimuti para siswa dan guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Tondano.

Sekolah ini menjadi salah satu sekolah di Kabupaten Minahasa yang menjadi tujuan study tiru sekolah unggulan di Jakarta.

Puluhan siswa dari Singapore School-Pantai Indah Kapuk (SIS-PIK) melaksanakan study tiru dengan menampilkan berbagai kompetensi siswanya.

“Tentunya sangat bersyukur sekolah menjadi tempat atau lokasi study sekolah tersebut, ada suatu kebanggaan tersendiri bagi kami,” kata kepala sekolah SDN 4 Tondano Seska Gerungan di ruang kerjanya, Senin (30/09/24).

Dalam penyambutan kata Gerungan, SDN 4 Tondano memperkenalkan berbagai kearifan lokal Minahasa yang diterapkan di sekolahnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Nasional SIS-PIK Diah Wulandari kepada media ini mengatakan kunjungan ini merupakan agenda tahunan sehingga ini menjadi salah satu syarat kurikulum Internasional di sekolah.

“Kunjungan ke sekolah di Manado khusunya di Minahasa merupakan salah satu syarat kurikulum internasional di sekolah,” Wulan.

Kata Wulan, program SIS-PIK sekolah yakni siswa di haruskan merencanakan dan melaksanakan kegiatan selama sebulan. Kemudian Siswa bebas menentukan kegiatan, tujuan, dan rencana perjalanan.

Dalam kunjungan itu tambah Wulan, pihaknya membawa 86 siswa yang memiliki kompetensi untuk memperkenalkan program sekolahnya.

Menurut Wulandari ada beberapa perbedaan Budaya Musik dan Tari di Jakarta dan Minahasa sehingga kami ingin anak-anak di SIS-PIK bisa mengeksplorasi Budaya di Indonesia Timur.

“Misalnya Bahasa yang digunakan di Jakarta berbeda dengan bahasa yang digunakan di Tondano. Budaya musik dan tari di Jakarta sangat kental.Sedangkan Budaya-budaya asal Tondano dan Minahasa masih terjaga dengan baik. Anak-anak Indonesia harus mengenal budaya Indonesia Timur,” ungkap Wulan.

Tujuannya lanjut dia, agar mereka tidak hanya mengenal budaya Jakarta dan Bali saja. Dengan mengenal budaya Indonesia Timur, mereka akan belajar tentang keberagaman budaya di Indonesia,”ungkapnya

Mewakili 86 siswa SIS-PIK Sheren dan Cloe mengatakan Kepala Sekolah,guru serta Anak-anak di SD Negeri 4 Tondano sangat ceria dan ramah.

“Kami terkejut pada saat sampai di sini, mulai dari sambutannya yang hangat dari Kepala Sekolah, guru-guru serta anak-anaknya yang ramah. Kami seolah-olah bukan jadi tamu, melainkan di anggap seperti keluarga mereka sendiri. “pungkasnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *