Masuk CAT, KPU Minahasa Seleksi Ketat Rekrutmen PPK Pilkada 2024

Ketua DIVISI Sosialisasi, Parmas, dan SDM KPU Minahasa, Arif Kurniawan Memantau Langsung CAT. Foto : Baim / pewartasulut.com

Imanuel Kaloh / pewartasulut.com

TONDANO,

Ratusan pelamar seleksi rukruitmen calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024, mengikuti seleksi badan adhoc yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Senin pagi.

Tercatat, 300 orang peserta calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang sebelumnya telah dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Ratusan calon anggota PPK ini mengikuti tes tulis berbasis komputer (computer assisted test/CAT) di Pusat Komputer Universitas Negeri Manado(Puskom Unima).

“Yang mendaftar 306 orang dan lolos administrasi sebanyak 300 orang.Pada hari ini adalah hari pertama pelaksanaan tes tulis, hasilnya langsung diketahui oleh peserta,” ujar Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Minahasa, Arif Kurniawan.

Menurut Kurniawan, bahwa tes tulis calon PPK dibagi 6-8 tahap berlangsung selama 2 hari. “Kita maksimalkan dua hari. Setiap sesi ada 4 kelas. Setiap kelas diikuti 40 orang. Materinya berkaitan dengan pengetahuan mengenai pilkada, wawasan kebangsaan, Undang-undang, serta psikotes. Nilai CAT ini langsung diketahui peserta,” ujar Arif.

Lanjut Arif, hasil tes tulis CAT seluruh peserta nantinya akan di-ranking kemudian diambil 15 orang dengan rangking nilai tertinggi di masing-masing kecamatan untuk menjalani seleksi selanjutnya yakni wawancara. Pengumuman hasil seleksi tes tulis ini akan diumumkan pada 9-10 Mei 2024. Sedangkan tes wawancara akan berlangsung 11-13 Mei mendatang.

“Jadi KPU akan mencari 3 kali kebutuhan di tiap kecamatan (15 orang) dan akan diumumkan lima orang terpilih untuk dilantik bertugas sebagai penyelenggara pemilihan kepala daerah (pilkada) Serentak 2024. Pelantikan dijadwalkan tanggal 16 Mei mendatang,” terangnya.

Arif menambahkan, ujian ini dapat meningkatkan kualitas layanan, dan kepercayaan masyarakat terhadap proses pemilihan yang transparan dan profesional.

“Hasil ujian ini akan menjadi salah satu pertimbangan dalam penugasan anggota PPK di daerah pemilihan masing-masing,” kuncinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *