Anggota Bawaslu Boltim Trisno Mais Ingatkan PKD Junjung Tinggi Integritas

Kiri : Koimisioner Bawaslu Boltim Trisno Mais, SAP, Msi. Kanan : Foto Bersama PKD usai Pelantikan. Foto : dok/istimewa.

Baim/ pewartasulut.com

BOLTIM,

Puluhan Pengawas Kelurahan Desa (PKD) se-Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur (Boltim) yang akan bertugas pada Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak tahun 2024 dilantik.

Sebanyak 81 PKD tersebut dilantik langsung oleh masing – masing Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan.

Para PKD ini diingatkan agar dalam melaksanakan tugas pengawasan untuk dapat menjunjung tinggi integritas.

“Tentunya kami mengharapkan agar jajaran khususnya PKD untuk dapat bekerja professional, serta menjaga etika, integritas, dan sikap dalam melaksanakan pengawasan,” kata Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Parmas-Humas (HP2H ) Bawaslu Boltim Trisno Mais, SAP, Msi, Senin (03/06/24).

Selain itu lanjut Mais, dalam pengawasan juga diimbau agar mereka dapat memahami atuaran, serta paham regulasi.

PKD harus segera mengupgrade diri terkait regulasi yang mengatur soal tugas dan tanggung jawab sebagai pengawas pemilihan di tingkatan ad hoc.

“Tahapan Pilkada sudah berjalan, jadi sudah seharusnya PKD cepat belajar regulasi. Mana mungkin bisa mengawasi Pilkada secara profesional bila tidak pernah baca aturan – aturan yang mengatur soal tugas mereka,” terang Mais.

Alumni Fisip Unsrat Manado ini meminta, agar PKD selama melaksanakan pengawasan juga harus membaur dengan masyarakat. Hal ini supaya ada partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan.

“Jaga sikap dan etika. Selain itu, PKD juga harus lebih dekat dengan masyarakat, karena kerja pengawasan melibatkan berbagai pihak, termasuk masyarakat,” pesan Mais.

Adapun pelantikan puluhan PKD itu dimulai dari Sabtu hingga Minggu 1-2 Juni 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *