KPU Minahasa Lantik 8.176 Anggota KPPS Serentak  di 270 Lokasi

Kiri : Komisioner KPU Minahasa, Ketua Divisi Sosialisasi Pemilih, SDM, dan Parmas Arif Kurniawan. Kanan : Suasana Pengambilan Sumpah/Janji Anggota KPPS.

@imanuel kaloh / pewartasulut.com

TONDANO– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa melantik calon anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang akan bertugas pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Pelantikan digelar secara serentak di seluruh Indonesia pada kamis (25/01/24). Sebanyak 8.176 calon anggota KPPS se-Minahsa diambil sumpah /janji.

Para anggota KPPS ini dilantik langsung oleh masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 270 Desa/Kelurahan yang ada di 25 Kecamatan.

“Sesuai petunjuk teknis (Juknis) 1669 tentang pedoman pembentukan badan adhoc, hari ini KPU melalui PPS melakukan pelantikan bagi calon anggota KPPS serentak,” kata Komisioner KPU Minahasa Arif Kurniawan saat melakukan monitoring pelantikan KPPS di Kecamatan Langowan.

Menurut Arif, para KPPS sebelumnya telah mengikuti berbagai tahapan mulai dari pendaftaran, penelitian berkas administrasi, hingga penetapan calon KPPS. Dan hari ini, mereka yang sudah memenuhi syarat dan diumumkan lolos akan dilakukan pelantikan oleh PPS dengan didampingi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ribuan KPPS ini lanjut arif, akan ditempatkan di 1168 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dan setiap TPS terbagi atas 7 KPPS.

“KPPS merupakan ujung tombak Pemilu, usai dilantik mereka akan diberikan pembekalan dan bimbingan teknis (bimtek) agar mereka lebih memahami berbagai teknis pemungutan dan perhitungan suara,” kata Ketua Divisi Sosialisasi Partisipasi Pemilih, SDM dan Parmas ini.

KPU tambah Arif, mengimbau bagi semua anggota KPPS yang dilantik, dapat bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi), serta tidak melibatkan diri dengan berbagai agenda peserta pemilu.

“KPPS harus netral, dan diharapkan dapat bekerja sesuai perundang-undangan. Serta tetap professional dalam kinerja. Kami ucapkan selamat bertugas danl sukses menyelenggarakan pemilihan umum dengan lancar, “ tandanya.

Diketahui masa kerja anggota KPPS ini selama 1 bulan dimulai sejak dilantik, dan pada hari pelaksaaan pemungutan suara 14 februari mendatang akan didampingi 2 orang anggota linmas di setiap TPS.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *